Harga Bibit Cengkeh Super

Harga Bibit Cengkeh Super –¬†Berapa harga bibit cengkeh super? Ya, banyak orang menanyakan hal tersebut namun sedikit yang tahu tentang jenis cengkeh yang ada di Indonesia. Padahal, seorang yang ingin membeli sesuatu harus mengenali terlebih dahulu apa yang ingin dia beli.

Nah, untuk itu, dalam ulasan artikel ini kami akan membahas bukan tentang Harga Bibit Cengkeh Super, namun lebih kepada jenis-jenis cengkeh yang dibudidayakan di Indonesia. Setidaknya ada 4 jenis cengkeh yang dikenal memiliki banyak penggemar diantaranya adalah:

 

Agro Sejahtera

Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang
Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
0812 3597 0832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

  1. Cengkeh Putih
    Cengkeh satu ini memiliki ciri khas daun yang bewarna kekuningan atau hijau muda. Helaian dari daunnya relative sedikit lebih besar dengan cabang pertama yang mati. Jadi nanti akan tampilannya seolah ada cabang baru pada ketinggian kisaran 2 meter. Tajug dari cengkeh putih berbentuk sedikit bulat dengan daun dan percabangan yang tidak begitu rindang. Ketika bunganya nanti bewarna hijau muda, ketika inilah bunga dikatakan masak. Cengkeh putih bisa berbunga ketika berumur 6 tahun sampai 8 tahun saja. Sayangnya, produksi dari bunganya relatif rendah.
  2. Cengkeh Kotok
    Cengkeh satu ini memiliki warna daun yang berubah dari hijau muda sedikit kekuningan menjadi hijau ketuaan. Permukaan dari daunnya cenderung licin, mengkilap dengan daun yang berbentuk langsing dan membulat. Dibanding dengan cengkeh putih, bunganya lebih kecil dengan warna hijau yang menjadi kuning ketika matang. Waktu berbunganya sama dengan si putih yakni kisaran umur 6 sampai 8 tahun tergantung dari lokasi penanamannya. Begitupula dengan kualitas bunga yang dihasilkan tergantung dari lingkungannya.
  3. Cengkeh Ambon
    Jenis cengkeh satu ini memiliki tajuk yang bulat dengan bagian bawah meruncing dan atasnya tumpul. Daunnya memiliki warna hijau muda dan berubah menjadi hijau tua. Permukaan daunnya cenderung kasar dan bagian bawahnya bewarna abu-abu. Bunga cengkeh Ambon ini  akan bewarna kuning ketika telah masak. Daya adaptasi dari cengkeh Ambon terbilang cukup sulit sehingga tidak begitu disarankan untuk dibudidayakan petani.
  4. Cengkeh Zanzibar
    Percabangan rendah dengan tajuk yang rimbun berbentuk kerucut menjadi ciri khas dari cengkeh Zanzibar. Warna daunnya merah muda dan berubah menjadi hijau tua dan pucat pada bagian bawah daun. Cengkeh Zanzibar akan mulai berbunga diumurnya yang baru 4.5 tahun sampai kisaran usia 6.5 tahun. Jenis cengkeh satu ini merupakan jenis yang cukup dianjurkan bagi petani karena tak hanya memiliki produksi yang tinggi dengan banyaknya percabangan bunga, namun daya adapatasinya yang sangat baik.

Diatas adalah beberapa jenis cengkeh yang dibudidayakan di Indonesia. Bagi Anda yang mungkin baru terjun mencoba budidaya cengkeh, paling tidak harus mengetahui beragam jenis cengkeh diatas. Selain mengetahui Harga Bibit Cengkeh Super, pengetahuan tentang jenis dan cara perawatan tentu menjadi bekal terbaik bagi petani. Jika uraian diatas masih belum jelas, Anda bisa kontak CV. Agro Sejahtera dinomor 081235970832. Tak hanya menjelaskan tentang ragam cengkeh, kami juga akan membantu Anda dalam cara budidaya cengkeh dari awal hingga akhir.