Jual Bibit Kakao/Coklat Bersertifikat

      Jual bibit Kakao – Coklat. Siapa yang tidak kenal dengan panganan yang sering dijadikan sebagai bahan baku minuman atau kue ini.

Cita rasa yang khas membuatnya menjadi bahan baku yang paling diminati tak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Nah, tapi darimana asalnya coklat?

Jual Bibit Kakao Bersertifikat

     Coklat berasal dari pohon kakao. Biji dari buah inilah yang kemudian diproses sedemikian rupa hingga melahirkan panganan yang memiliki efek endorfin atau efek merilekskan.

Tidak hanya dibudidayakan dalam skala besar, sekarang banyak pula pohon kakao yang ditanam secara mandiri. Pohonnya yang rimbun bisa menjadi salah satu penetral polusi, dan biji kakaonya bisa kamu nikmati. Manfaat ganda untuk satu jenis pohon.

Cara meningkatkan mutu biji kakao

     Proses penanaman kakao mirip dengan perawatan tanaman lain, hanya ada cara khusus untuk meningkatkan kualitas bijinya sebelum nantinya diproses. Cara ini dinamakan fermentasi. Proses fermentasi biji kakao terbilang mudah dan bisa dilakukan secara mandiri. Jual Bibit Kayu Flamboyan.

     Adapun proses ini bertujuan agar lendir yang ada pada biji bisa hilang dengan sempurna. Lendir yang melekat pada biji kakao ini berpengaruh terhadap kualitas aroma coklat ketika disangrai.

Selain itu, fermentasi juga menghindarkan jamur serta membuat biji ini bisa tahan lebih lama ketika disimpan, Jual bibit Kakao.

Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang
Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
0812 3597 0832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

     Fermentasi pada biji coklat ini akan melalui dua tahap yakni aerob dan anaerob.

Tahap pertama disebut aerob yakni menggunakan bakteri untuk menghasilkan asam laktat dan asam asetat.

Sedang tahap kedua yang disebut anaerob terjadi akibat adanya asam sitrat hingga membuat terbentuknya asam pada biji kakao. Proses ini bisa dibilang juga sebagai proses terbentuknya ragi.

Lalu bagaimana tahapan fermentasinya?

  1. Buah yang telah dipanen dibelah kemudian dikeluarkan bijinya
  2. Siapkan tong atau kotak kayu dimana bagian bawahnya sudah dilubangi dengan diameter 1cm. Lubang ini berperan sebagai saluran pembuangan air dan juga saluran udara.
  3. Masukkan biji dalam tong. Sebelumnya kumpulkan terlebih dulu dalam wadah dan berikan sisa tempat atau rongga pada tong sekitar 10 cm.
  4. Berikan lapisan daun pisang diatas biji kakao untuk menjaga agar suhu didalamnya tetap stabil. Selanjutnya tutup rapat tong tersebut.
  5. Diamkan selama 3-6 hari dan jangan lupa melakukan pengontrolan dengan membalik kotak berisi biji kakao satu dengan yang lainnya.
  6. Biji yang telah mengalami fermentasi dengan baik akan memiliki tempurung yang keras, aroma sedap serta warna hitam kecoklatan.

      Menggunakan fermentasi untuk biji kakao akan menghasilkan kualitas biji coklat yang bagus, serta bercitarasa tinggi. Nah, jika sudah begini maka harga jualnya juga makin tinggi.

Selain menggunakannya untuk mandiri, Anda juga bisa memperjualbelikannya. Peluang bisnis coklat tentu akan semakin menggiurkan mengingat sekarang ini coklat menjadi salah satu menu favorit, Jual bibit Kakao.

baca juga Jual Bibit Kayu Jabon

      Jika masih coba-coba, ada baiknya menanamnya satu dulu dipekarangan. Anda bisa mendapatkan bibit coklat/kakao di CV. Agro Sejahtera. Selain bibit, disini Anda juga bebas berkonsultasi terkait dengan bibit coklat yang hendak Anda tanam. Menarik bukan?

Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang
Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
0812 3597 0832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Leave a Comment